5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Mendesain Aplikasi Seluler Anda

Selamat, Anda telah memutuskan untuk mendesain aplikasi seluler Anda sendiri! Ya, ini adalah saat-saat ketika aplikasi tidak hanya bermanfaat untuk bisnis, tetapi produk yang kuat itu sendiri. Namun, ini tentu tidak melibatkan strategi satu ukuran untuk semua. Berikut adalah 5 hal yang perlu dipertimbangkan saat merancang aplikasi seluler Anda:

Target Audiens:

Memiliki audiens target yang terdefinisi dengan baik. Harus spesifik tentang lokasi geografis, demografi, preferensi, kecenderungan, dan persyaratan pemirsa Anda. Misalnya – jika Anda adalah perusahaan pakaian wanita, Anda harus memilih konten yang sangat visual dengan tampilan dan nuansa feminin melalui warna, motif, dll.

Persaingan Pasar:

Setiap produk membutuhkan pembeli. Apakah produk Anda memiliki cukup permintaan untuk memastikan bahwa orang mengunduh aplikasi Anda? Misalnya, jika Anda meluncurkan aplikasi pengiriman pesan, pesaing Anda adalah Whatsapp, Facebook Messenger, Snapchat, WeChat, dan sebagainya. Dalam hal ini, aplikasi Anda harus memiliki penawaran yang sangat unik dan canggih agar menjadi sukses dalam kategori aplikasi ini.

Jenis Aplikasi:

Jika aplikasi Anda bertujuan untuk memiliki fitur khusus untuk pengguna ponsel, sebaiknya Anda memilih yang asli, yang dirancang untuk platform yang Anda pilih (Android atau iOS). Jika Anda sudah memiliki situs web yang berhasil berjalan, seseorang dapat memilih hibrida, yang memiliki fungsi dasar asli tetapi memiliki browser internet dalam aplikasi itu – yang artinya itu tergantung pada situs web untuk berjalan, dan tidak dapat berjalan secara offline. Aplikasi Hybrid juga lebih ringan di kantong.

Tingkat kegunaan yang tinggi:

Aplikasi seluler apa pun yang Anda desain harus menarik pengguna akhir. Grafis dan gambar yang menarik akan terbukti lebih dalam jika aplikasinya tidak responsif. Tampilan bersih, waktu muat singkat, elemen navigasi tebal adalah suatu keharusan. Sentuh fitur ramah seperti drag, pinch and swipe (pikirkan Tinder right swipe!) Juga penting jika Anda benar-benar ingin pengguna terlibat dalam aplikasi Anda.

Pemasaran Aplikasi:

Ha! Anda tidak dapat melewati langkah ini. Jika Anda mendesain aplikasi, pastikan untuk membuat strategi pemasaran secara bersamaan. Ini dapat berkisar dari pemasaran dalam aplikasi untuk membangun halaman arahan yang baik dan mempromosikan aplikasi di saluran media sosial. Yang lebih penting lagi, Anda harus menghabiskan waktu menyusun deskripsi aplikasi kreatif untuk Apps Store (atau Google Play). Ini benar-benar seperti resume aplikasi atau bio Anda di situs perkawinan!

Apakah Anda seorang perancang UI Aplikasi atau perusahaan yang ingin mendapatkan aplikasi yang dibuat, kami berharap petunjuk di atas telah mendorong Anda untuk masuk ke proses perancangan aplikasi dengan kesadaran. Jika Anda memiliki visi yang jelas tentang tujuan aplikasi, berikan perhatian untuk memperbaiki wireframes dan prototipe dan memasarkan aplikasi dengan baik, itu pasti akan menciptakan dampak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *